Mewarnai Rambut, Bolehkah?

Banyumas, nurulummah.org – Alhamdulillah Wa Sholatu Wa Salamu Ala Rosulillah. Amma Ba’du…_

Saat ini, kita sering melihat seseorang mewarnai rambutnya (baca pinang ) dengan beberapa warna rambut yang ada, apakah hitam, kuning, hijau atau lainnya. Lalu bagaimanakah hukumnya?
Berikut ini akan kami papar kan pendapat 4 mazhab terkait ini.

1⃣MAZHAB IMAM MALIK

Hukumnya makruh tanzih jika seseorang mewarnai rambutnya dengan warna hitam. Kecuali jika mewarnainya untuk meneror pasukan musuh , maka tidak mengapa (dengan warna apapun, red). Adapun jika seorang laki-laki mewarnai rambutnya untuk memikat wanita yang akan dinikahi maka hukumnya haram. Termasuk perkara yang dilarang jika memberi warna pada tangan dan kaki bagi laki-laki.

2⃣ MAZHAB HANAFI

Dianjurkan bagi laki-laki untuk mewarnai jenggot dan rambutnya dengan imam (daun pacar), Namun makruh hukumnya mewarnai (menghias ) tangan dan kaki karena menyerupai perempuan. Begitu juga makruh jika mewarnai rambut dengan warna hitam, kecuali ada tujuan secara syar’i.

3⃣ MAZHAB IMAM AHMAD

Disunnah kan bagi laki-laki untuk memberi inay pada rambut, namun makruh jika warna hitam kecuali untuk tujuan SYAR’I. Namun jika mewarnai rambut dalam rangka tadlis (menutupi sesuatu, misal uban) kepada wanita yang akan dinikah maka hukumnya haram.

4⃣ MAZHAB IMAM SYAFI’I

Hukumnya makruh jika menggunakan warna hitam, namun boleh jika menggunakan daun inay baik berwarna kuning atau agak kemerahan. Boleh jika diniatkan untuk menampakkan keberanian di hadapan musuh.

_(Al Fiqhu ‘Ala Al Mazaahib Al Arba’ah 2/40-41)_

KESIMPULAN

1⃣. Boleh hukumnya mewarnai rambut dan janggut dengan daun inay, namun dihindari memakai warna hitam karena hukumnya makruh.

2⃣. Jika mewarnai dengan niat untuk memikat wanita yang dinikahi maka hukumnya adalah haram, termasuk mewarnai kaki atau tangan maka dilarang karena menyerupai perempuan.

3⃣. Saling menghormati perbedaan pada perkara khilafiyah adalah mulia.

Oleh : Ust. Nur Ahmad, S.Pd.I
(Da’i Madina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *