BIDIK AS (Beasiswa Pendidikan Anak Sholeh)

Tuntutan untuk mencari ilmu adalah tuntutan bagi kita sebagai ummat Islam. Seperti sebuah perkataan yang sudah cukup masyhur “ Barang siapa menginginkan dunia maka harus dengan ilmu, barang siapa menginginkan akhirat maka harus dengan ilmu dan barang siapa menginginkan keduanya maka harus dengan ilmu”.

Ilmu adalah salah satu modal yang sangat penting bagi kita dalam mengarungi kehidupan dunia, dan kehidupan kelak di akhirat. Karena dalam mengelola perusahaan, mengelola organisasi, memimpin negara, mengurus rumah tangga dan segala urusan duniawi pasti membutuhkan ilmu. Tidak kalah pentingnya, dalam ibadah yang nantinya kita gnunakan sebagai modal hidup di akhirat, kita juga harus mendasari ibadah tersebut dengan ilmu. Agar semua ibadah tersebut sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah.

Demikian pula dengan mencetak generasi yang berkwalitas, kita harus membekali mereka dengan ilmu. Kita harus membekali generasi penerus kita dengan ilmu, baik itu ilmu dunia terlebih lagi ilmu agama.

Pendidikan adalah salah satu cara bagaimana bisa medapatkan ilmu tersebut. Baik pendidikan formal (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan Universitas) maupun pendidikan non formal (Pesantren, Madin dll). Namun sayangnya banyak sekali kejadian-kejadian di Indonesia ini anak-anak atau generasi muda yang sebenarnya masih harus mendapatkan hak pendidikan tetapi tidak bisa merasakan dan mengambil haknya tersebut. Padahal dia termasuk anak yang berprestasi dan bagus dalam sisi akademi. Dan semua itu rata-rata disebabkan karena kekurangan dari segi finansial.

Mereka masih sangat ingin mengeyam pendidikan, akan tetapi terpaksa harus finish pada jenjang SD karena orang tua mereka merasa tidak mampu mebiayai sekolahnya. Mereka harus terpaksa berhenti sampai tahap SMP karena orang tua yang tidak mampu mebayar biaya bulanan sekolahnya. Mereka harus mencukupkan diri sampai SMA, padahal dia berprestasi dan sangat ingin  melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Maka dari itu kami dari Yayasan Nurul Ummah Kendalisada merasa terpanggil untuk membantu calon generasi penerus yang membutuhkan bantuan tersebut. Alhamdulillah sejak tahun 2008 berdiri di Desa Kaliori RT 04 RW 03 Kec. Kalibagor Kab. Banyumas, Yayasan Nurul Ummah Kendalisada berhasil membiayai pendidikan kurang lebih 30 anak. Baik yang di SD, SMP, SMK dan Pondok Pesantren.

Pembiayaan tersebut terangkum dalam program BIDIK_AS ( Beasiswa Pendidikan Anak Sholeh). Seluruh biaya pendidikan tersebut beasal dari hasil pengumpulan Infak dan Shodaqoh dari kaum muslimin yang ditampung dan didistribusikan oleh Yayasan Nurul Ummah Kendalisada.

Dan pada tahun ajaran ini, Yayasan Nurul Ummah Kendalisada memiliki beberapa calon anak asuh yang akan diikutkan dalam program BIDIK_AS tersebut. Calon anak asuh tersebut sebagian adalah santri PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an) Nurul Ummah dan ada beberapa dari masyarakat.

Mereka itu adalah generasi yang bersemangat untuk menambah ilmu mereka, mereka sangat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya akan tetapi orang tua mereka kurang mampu untuk membiayainya. Ada yang dikarenakan jumlah anak yang butuh biaya sekolah banyak, ada yang dikarenakan orang tua sudah sepuh (tua), ada pula yang dikarenakan pendapatan orang tua hanya cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu kami Yayasan Nurul Ummah Kendalisada mengajak kaum muslimin sekalian untuk ikut berpartisipasi dalam program BIDIK_AS Yayasan Nurul Ummah Kendalisada.

Dengan partisipasi tersebut, diharapkan bisa membantu generasi penerus bangsa dalam mengenyam pendidikan, dan dengan harapan, kaum muslimin para danatur mendapatkan pahala yang besar dari Allah ta’ala. Karena Rasulullah pernah bersabda

“Jika seorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau do’a anak sholeh untuk orang tuanya” (HR. Muslim no.1631)

 

Dengan donasi kaum muslimin dalam program BIDIK_AS ini semoga,

  1. Setiap ayat Al Qur’an yang dibaca oleh anak asuh, donatur mendapatkan aliran pahala darinya.
  2. Setiap hadits yang dibaca oleh anak asuh, donatur anak mendapatkan aliran pahala darinya.
  3. Setiap rokaat sholat, setiap ayat dan setiap ibadah yang dilakukan oleh anak asuh, semoga para donatur mendapatkan aliran pahala darinya.

 

Wallahul musta’an

 

 

  1. HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA ASUH / DONATUR BIDIK_AS

 

  • Kewajiban
    • Menanggung biaya pendidikan anak asuh selama mengikuti dan menjalani jenjang pendidikan tertentu sesuai kesepakatan.
  • Hak
    • Mendapatkan do’a dari anak asuh
    • Menjenguk anak asuh disaat dan atau setelah menjalani proses pendidikan.
    • Mendapatkan sms nasehat/hadits/qoul ulama’ rutin.
    • Menerima laporan hasil belajar anak asuh selama mengikuti proses pendidikan.
  • Syarat-syarat orang tua asuh
    • Muslim
    • Mengisi formulir orang tua asuh
    • Bersedia menanggung biaya pendidikan anak asuh selama proses pendidikan berjalan.

 

 

  • BENTUK DAN CARA DONASI BIDIK_AS
  • Bentuk donasi program BIDIK_AS adalah dengan menanggung beberapa pembiayaan, diantaranya:
    1. Biaya Pendaftaran
    2. Biaya SPP bulanan
  • Cara pendonasian dengan cara:
    1. Mentransfer ke Rekening Yayasan Nurul Ummah Kendalisada
      • BNI (044 818 3290) a.n Yayasan Nurul Ummah Kendalisada
      • BSM (708 118 98 91) a.n Nurul Ummah Kendalisada Yayasan
    2. Layanan Jemput Donasi, dengan menghubungi contact person Yayasan Nurul Ummah Kendalisada
      • 0823 2219 0913
      • 0857 8678 6691
      • 0877 1942 1760
    3.  Datang ke sekretariat Yayasan Nurul Ummah Kendalisada dengan alamat: Desa Kaliori RT 04 RW 03 Kec. Kalibagor Kab. Banyumas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *